Home » » Pintu PVC

Pintu PVC

Pintu PVC (Poly Vinyl Chloride) atau yang sering disebut juga dengan pintu vinyl merupakan salah satu jenis bahan bahan plastik yang cukup kuat. Karena kekuatanya inilah ia sering digunakan sebagai material bangunan seperti lantai, pipa, pintu, kusen sampai atap. Bahan ini tidak akan berkarat dan lapuk, serta tidak disukai rayap. Sekalipun masuk dalam kategori plastik, bahan ini liat dan tidak mudah pecah. Malah yang menguntungkan, bobotnya sangat ringan, dan permukaanya pun mudah dibersihkan (cukup mengelapnya dengan kain halus yang dibasahi air).

Pintu PVC

Meski PVC cukup kuat dan tidak mudah pecah namun hindarkan pintu PVC dari goresan/sayatan benda tajam seperti pisau, linggis, gunting atau palu, karena akan membuatnya rusak. Karena tahan air, PVC biasanya ditempatkan di area basah seperti kamar mandi atau dapur karena mampu mengatasi kelembaban dan pengaruh air.

Teknologi dan inovasi terus berkembang, menghadirkan motif dan warna PVC yang makin beragam, bahkan ada yang menyerupai kayu. Karena alasan ini beberapa orang mulai menggunakan pintu dan kusen PVC untuk pintu ruang lainya seperti ruang tidur dan ruang kerja. Aneka motif dan warna ini menjadikan penggunanya mudah menyesuaikan dengan warna interior rumah.

Pintu ini pun sekarang bisa digunakan di luar ruang. Namun karena sinar ultra violet dapat menyebabkan kepudaran pada lapisan luarnya, untuk penggunaan eksterior perlu diberi pelapis khusus. Agar pintu PVC awet, hindari terlalu sering terkena larutan kimia seperti pembersih kamar mandi, pembersih lantai, dan deterjen.

Frame pintu PVC

Namun, karena  bobotnya yang ringan (paling berat 13,5kg) membuat orang tidak mau mengaplikasikan sebagai pintu utama karena di nilai kurang kuat dan tidak cocok untuk dijadikan pintu pengaman rumah yang utama. Kekuatanya memang tak sebaik material lainya namun jika harga murah dan kemudahan yang di kejar, material ini juaranya.

Umumnya di pasaran pintu PVC untuk kamar mempunyai ukuran standar tebal 10cm, lebar 89cm dan tinggi 200cm. Ukuran daun pintu (sebelum dirakit bersama frame) yaitu 200cm x 70cm, 210cm x 76cm. Ketebalan pintu PVC 35mm. Namun jika konsumen menginginkan ukuran diluar standar, dapat juga dilayani oleh produsen pintu PVC. Harga menyesuaikan dengan ukuran, warna, motif yang dipilih, jenis bahan engsel dan jenis handle yang digunakan Pintu PVC di pasaran mudah di dapatkan. Aneka pilihan warna dan motif menyertai kehadiranya. Sudah menyertakan handle, engsel, screw, dan doorframenya, jadi tinggal di tambah biaya pengiriman dan tinggal pasang Kerusakan paling sering yang terjadi pada pintu PVC adalah bagian handle pintu, sering lepas dan tak berfungsi engsel buka tutupnya. Penggunaan yang rapi/tidak kasar sangat menentukan ketahanan handle ini.

Kelebihan :
  • Harga paling murah dibanding bahan pintu lainya
  • Tahan rayap, tidak berkarat dan tahan lapuk
  • Tidak mengalami muai susut
  • Ketersediaan terjamin karena merupakan bahan fabrikasi
Kekurangan :
  • Kurang kokoh untuk pintu utama
  • Bobotnya ringan sehingga kurang berkesan mewah
  • Tidak tahan gores dan warnanya bisa pudar bila perlakuanya kurang baik.
  • Motif kayu pada pintu pvc tidak tampak alami 
Baca juga : Macam Pilihan Bahan Pintu dan Jendela

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

loading...

Cari

Translate

Arsip Blog

loading...

Post Unggulan

Dak Bondek atau Bondex (Pelat Baja Gelombang)

Post Populer